Berkah Rent Car
Persewaan Mobil Surabaya -
Office   : Jl. Raya Gunung Sari 211 - Surabaya
Tlp / WA : 031 - 995 32 605 / 0857 0404 344 5

Untung Rugi Bisnis Rental Mobil

Posted by


Usaha persewaan mobil telah mulai menjamur. Di tempat saya tinggal, di dekat bandara Juanda, Surabaya, anda dapat menemukan paling tidak 10 persewaan mobil yang saling berdekatan. Aneh juga saya pikir, namun mengingat banyak sekali pelaku pada usaha ini, menurut saya market di usaha sewa mobil di kota Surabaya ini belum jenuh. Dengan demikian, masih tersedia peluang untuk berkompetisi dengan bisnis persewaan mobil lainnya yang sudah terlebih dahulu berdiri. Saya yakin sekali usaha ini tetap memiliki peluang untuk waktu-waktu kedepan. Tapi, anda perlu tahu bahwa bisnis persewaan mobil bukanlah tanpa halangan. Sebelum anda memutuskan menekuni bisnis ini, ada baiknya anda tahu resiko-resiko apa yang akan anda hadapi seputar usaha rental mobil ini.
Usaha ini dilakukan dengan cara menyewakan mobil untuk dipakai oleh konsumen dalam periode tertentu, bisa jadi sewa mobil harian ataupun sewa mobil bulanan. Resiko yang sering dihadapi adalah penyewa lari kabur dengan mobil pinjaman dari anda. Yang kedua yang mungkin saja akan terjadi ialah mobil digunakan buat hal yang tak seharusnya, contohnya perampokan, pencurian, ataupun tindak kriminalitas lainnya. Masalah perbaikan Sebagaimana yang anda tahu, mobil tentu saja bukan barang murah, karena itu ongkos perbaikan mobil juga tidak murah. Dengan cara meminjamkan mobil pada orang asing, memungkinkan bagi orang itu menyetir mobil itu secara tidak hati-hati, akibatnya terjadi kerusakan entahkah di rangka luar mobil ataupun pada mesinnya.
Saya mengingatkan perihal ini tidak untuk membuat anda ketakutan, lantaran pada kenyataannya bisnis ini layak diperhitungkan. Akan tetapi jikalau tidak diperhitungkan dengan hati-hati, usaha ini tentulah bukan bisa untung malah bikin rugi. Inilah cara-cara dari saya supaya usaha penyewaan mobil anda memperoleh hasil berlipat.
  • Pilihlah tempat yang tepat buat usaha sewa mobil anda. Tambah dekat anda dengan lokasi-lokasi yang mungkin saja memerlukan mobil rental, tentulah tambah top peluang usaha ini. Tempat yang menurut saya baik ialah di dekat pelabuhan udara, pelabuhan laut, dekat hotel-hotel besar di kota itu, dsb.
  • Cari tahu yang konsumen mau. Pada umumnya persewaan mobil lebih laris dengan mobil-mobil yang bisa memuat banyak orang, tapi siapa tahu kalau target pasar anda adalah orang-orang yang tinggal di hotel dari luar kota, mereka lebih suka sedan atau city car.
  • Pilih mobil yang ongkos pemeliharaannya murah, awet. Bila anda mengejar market pada umumnya, maka memilih mobil-mobil semacam avansa, yang ongkos pemeliharaannya masih terjangkau pastilah pilihan yang tepat. Beda lagi bila anda mengejar market orang berada, mobil Alphard yang biaya perbaikannya mahal sekalipun tidak apa, asalkan konsumen mau membayar mahal.
  • Asuransikan mobil. Sangatlah vital untuk mempunyai jasa asuransi, supaya meminimalkan kendala-kendala yang tak disangka sebagaimana yang sudah saya katakan diatas. Coba cari pilihan paket asuransi yang tepat untuk anda, entah asuransi kehilangan, atau asuransi perbaikan, atau dua-duanya. Anda yang putuskan.
  • Administrasi harus jelas. Bila pendataan kurang mendetail, jika ada kesulitan, contohnya mobil dicuri sama pihak penyewa, anda bakal super kesukaran untuk mengecek sedang dimana konsumen berada. Solusinya ialah dengan cara menginstal GPS di setiap mobil sewaan.
  • Berpartnerlah dengan tempat servis maupun montir. Alasannya adalah supaya biaya perawatan serta perbaikan mobil bisa ditekan.
  • Jikalau anda menyiapkan sopir, tentu saja pilih sopir yang bertata krama serta gaya nyetirnya tenang. Selain memperkecil kemungkinan mobil rusak, ini pun mampu meningkatkan citra positif untuk usaha anda di pandangan penyewa.
  • Maksimalkan iklan penyewaan mobil anda dengan memanfaatkan spanduk, brosur, koran, internet, dsb.
  • Simpan sedikit dari pendapatan bulanan anda, untuk menambah armada persewaan mobil anda.
  • Kiat yang terakhir adalah dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal di lokasi anda. Sebab bila anda memperoleh penyewa instansi, maka umumnya mereka akan seringkali memesan di usaha rental mobil anda.

Inilah sedikit cara membangun bisnis sewa mobil di surabaya. Saya berharap cara ini bisa mengakomodasi anda dalam membangun usaha sewa mobil di tempat anda berada.
Berkah Rent Car
Rental Mobil Surabaya
Jl. Raya Gunung Sari 211 - Surabaya
031 - 995 32 605


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 07.11

1 komentar: